Gandeng PT IWIP, KJTV Malut Salurkan Paket Bantuan
Untuk Korban Terdampak Gempa Bacan

previous arrow
next arrow
Slider

Komunitas Jurnalis Televisi (KJTV) Provinsi Maluku Utara, Senin 8 Maret 2021 menyalurkan 100 paket bantuan sembako ke Kabupaten Halmahera Selatan untuk warga terdampak gempa bumi Magnitudo 5,2.

Aksi kemanusiaan itu dilakukan atas kepedulian dan reaksi para perwakilan (Kontributor) jurnalis televisi nasional Maluku Utara dalam membantu para korban gempa di Pulau Bacan.

Penyaluran paket sembako ditujukan ke tiga desa diantaranya Desa Amasing Kota Utara, dan Tuokona yang diketahui merupakan daerah terparah.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba didampingi Kasat Binmas Polres Halmahera Selatan AKP Abdurahman Adam yang diwakili Danramil Bacan Kapt. Aga Galela yang ikut membantu penyaluran bantuan yang dilakukan para jurnalis ini.

Selain pemberian paket sembako, para jurnalis juga membagikan ratusan  masker sebagai bentuk sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 kepada warga setempat.

Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba juga mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang dilakukan para komunitas jurnalis televisi karena dianggap membantu pemerintah daerah dalam pemulihan pasca bencana di wilayahnya.

“Saya selaku pimpinan daerah sangat berterima kasih kepada rekan-rekan jurnalis televisi karena sangat besar atas kepedulian kepada warga kami khususnya warga terdampak gempa. Kami dari pemerintah daerah melalui BPBD akan terus koordinasi dengan jurnalis tv untuk dapat membantu pemulihan masyarakat. Semoga sinergitas ini selalu terjaga untuk Halmahera Selatan yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara koordinator Jurnalis Televisi Ifan Gusti menjelaskan penyaluran bantuan yang dilakukan Kjtv itu telah bekerjasama dengan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP). Meskipun jauh akan tetapi dapat menembus lokasi di desa yang jarak tempuhnya jauh dari Ternate.

“Aksi ini  sudah kesekian kalinya dilakukan setiap musibah bencana di Maluku Utara.Teman-teman jurnalis langsung tergerak untuk ikut terlibat dengan menggandeng kelompok donasi dari dermawan dan jaringan masing-masing guna membantu para korban sebagai bagian dari misi kemanusiaan,” tutur Ifan. (udi)

 

Tentang IWIP

Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) merupakan Kawasan Industri terpadu pengolahan logam berat yang terletak di Lelilef, Weda, Halmahera Tengah Maluku Utara. Didirikan pada 30 Agustus 2018, IWIP merupakan salah satu dari Proyek Prioritas Nasional RPJMN 2020-2024 serta ditetapkan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional oleh Presiden Joko Widodo melalui pengesahan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Sebagai pengelola Kawasan Industri, IWIP menyediakan infrastruktur penunjang seperti jalan akses, pelabuhan, airport, pembangkit listrik untuk memfasilitasi kegiatan pabrik Ferronickel Smelter para tenan, antara lain PT Weda Bay Nickel, PT Yashi Indonesia Investment dan PT Youshan Nickel Indonesia.