Dukungan PT IWIP untuk Pembangunan Gereja GMIH Ebenhaeser di Lelilef Sawai

previous arrow
next arrow
Slider

Kamis (25/3) kemarin, bertempat di sebuah bukit di Desa Lelilef Sawai, Kecamatan Weda Tengah, Halmahera tengah, dilakukan peletakan batu pemula untuk pembangunan Gereja GMIH Ebenhaeser.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Halteng Abd Rahim Odeyani, Ketua Sinode GMIH Pdt. Dr. Demianus Ice, Manager Departemen Eksternal PT IWIP Edwi Indra Sumantri, serta puluhan warga Lelilef Sawai.

Pdt. Dr. Demianus Ice usai ibadah mengaku kaget dengan perubahan yang terjadi di Lelilef. Menurutnya, perubahan tersebut sangat signifikan.

“Lelilef saat ini jauh berbeda dengan saat kita kesini lima tahun lalu. Oleh karena itu, kebutuhan akan sarana ibadah menjadi penting,” katanya.

Terlebih, menurut dia, hingga saat ini Gereja Masehi Injil Halmahera telah memiliki 350 ribu jemaat yang tersebar di pelbagai daerah di Maluku Utara. Sehingga penting memiliki tempat ibadah yang mumpuni.

Lokasi pembangunan gereja tersebut cukup strategis, yakni berada di puncak bukit Desa Sawai. Sebagai bentuk pertanggungjawabannya, PT IWIP memberikan dukungan dengan cara meminjamkan alat berat berupa satu unit Escavatro , satu unit Loader, dan satu unit Dump Truck untuk pengerjaan pembukaan lahan.

“Terima kasih kepada perusahaan yang tidak menutup mata pada tanggung jawabnya terhadap pembangunan masyarakat, termasuk dalam aspek religius,” kata Pdt. Demianus Ice.

Ia bilang, kandungan yang ada di bumi ini adalah ciptaan Tuhan yang mesti dikelola demi kesejahteraan masyarakat.

“Kalau hari ini kita diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk mengelola, itu hanya tanggung jawab dan amanat besar yang diberikan olehNya.” Katanya, “agar bumi dan kekayaan alam yang ada di dalamnya dikelola sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat.”

 

Tentang IWIP

Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) merupakan Kawasan Industri terpadu pengolahan logam berat yang terletak di Lelilef, Weda, Halmahera Tengah Maluku Utara. Didirikan pada 30 Agustus 2018, IWIP merupakan salah satu dari Proyek Prioritas Nasional RPJMN 2020-2024 serta ditetapkan menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional oleh Presiden Joko Widodo melalui pengesahan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Sebagai pengelola Kawasan Industri, IWIP menyediakan infrastruktur penunjang seperti jalan akses, pelabuhan, airport, pembangkit listrik untuk memfasilitasi kegiatan pabrik Ferronickel Smelter para tenan, antara lain PT Weda Bay Nickel, PT Yashi Indonesia Investment dan PT Youshan Nickel Indonesia.